Apakah situs Joomla anda berjalan lebih lambat? Jika ya, mungkin anda perlu melakukan beberapa cara untuk meningkatkan performa situs Joomla anda. Tentu ini juga berpengaruh baik terhadap cara seo Joomla anda. Website yang lambat diakses, akan kurang baik di mata mesin pencari. Jadi, buatlah website anda seringan mungkin agar bisa cepat diakses.

Untuk meningkatkan performa situs Joomla, berikut ini caranya:

1. Aktifkan fitur Gzip. Bisa dilakukan dari menu Site>>Global Configuration. Atau untuk Joomla versi 3.x bisa dilakukan dari menu System>>Global Configuration. Lalu buka menu Server dan set Gzip Page Compression menjadi Yes. Selain itu letakkan juga kode cara mempercepat loading Joomla.

2. Aktifkan cache Joomla. Cara mengaktifkan cache Joomla dilakukan dari menu Global Configuration.

3. Hindari penggunaan flash dan gambar yang banyak dan dengan ukuran yang besar. Meskipun website anda termasuk toko online, anda bisa memperkecil ukuran gambar agar loading web Joomla anda lebih cepat. Gunakan gambar seperlunya.

4. Gunakan template yang bersih dan ringan.

5. Minimalkan penggunaan kode Javascript. Kode ini membutuhkan waktu lama untuk mengaksesnya.

6. Nonaktifkan error reporting. Cara menonaktifkan erorr reporting adalah dengan mengklik menu Site>>Global Configuration atau di Joomla versi baru dilakukan dari menu System>>Global Configuration, lalu buka menu Server dan set Error Reporting menjadi None.

Mungkin masih banyak lagi cara yang bisa diterapkan untuk meningkatkan performa situs Joomla anda. Silakan bereksperimen sendiri.

Fungsi Cache Joomla dan Cara Mengaktifkannya

Sebagian pengguna Joomla ada yang mengaktifkan cache, ada juga yang tidak. Sebenarnya apa fungsi cache Joomla?

Fungsi cache Joomla sama seperti cache dalam browser. Dalam browser, cache mengandung file sementara seperti gambar atau teks dari situs yang telah dikunjungi. Jika anda mengunjungi kembali situs tersebut, situs tersebut akan lebih cepat ditampilkan. Ini dikarenakan file-filenya telah disimpan di dalam browser.

Fungsi cache Joomla lebih ditujukan untuk mempercepat akses website, karena cache akan menyimpan data sebuah halaman website ketika pengunjung mengakses halaman tersebut. Jika pengunjung kembali mengakses, akan ter-load lebih cepat.

Cara mengaktifkan cache Joomla

Cache Joomla secara default tidak diaktifkan atau dalam kondisi Off. Tapi jika kita merasa perlu untuk menggunakan cache, kita bisa mengaktifkannya sendiri.

Cara mengaktifkan cache Joomla dilakukan dari menu Site>>Global Configuration. Atau jika anda menggunakan Joomla versi 3.x klik System>>Global Configuration. Lalu klik tab System. Di sana ada Cache Settings. Pada kolom di sebelah Cache* pilihlah On-Progressive caching. Kemudian klik Save & Close.

Anda bisa memilih mengaktifkan cache Joomla jika menginginkannya. Dengan mengaktifkan cache, website Joomla anda akan lebih cepat diakses. Tapi jika sedang update, misalnya sedang menulis artikel baru, atau mengganti logo, dsb, lebih baik mematikan fungsi cache. Tujuannya agar setelah selesai mengupdate dan anda me-refresh kembali halaman depan situs anda, server segera menampilkan update baru tersebut dan tidak akan menyuguhkan tampilan yang lama. Anda bisa memberikan jeda waktu untuk mengaktifkan cache kembali jika update telah selesai.