Dalam urusan membangun web, kita pasti mengenal adanya web hosting. Web hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file yang akan digunakan untuk desain web. Web hosting disediakan oleh perusahaan yang secara khusus mengelola hosting.

Umumnya, perusahaan web hosting menggunakan dua pilihan sistem operasi, yaitu Linux dan Windows. Kedua jenis sistem operasi ini disediakan oleh layanan web hosting yang ingin memberikan bisnis alternatif dalam bentuk layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Sistem operasi hosting Linux dan Windows mempunyai perbedaan. Linux adalah sistem operasi open source, yang artinya mendownload dan menggunakannya tidak akan dikenakan biaya. Sedangkan Windows, untuk menggunakannya harus membeli software dan lisensinya. Karenanya Linux lebih populer karena lebih murah.

Pada Windows, pelanggan harus membayar lisensi untuk Microsoft dan membeli aplikasinya. Berbeda dengan Linux yang dapat diakses secara bebas. Perbedaan lagi adalah dalam hal bahasa pemrograman. Linux menggunakan PHP, sedangkan Windows menggunakan ASP. Selain PHP, teknologi yang didukung oleh Linux adalah MySQL, Perl, Ruby, dll. Linux datang dengan fitur yang disebut sebagai SSH, yang berbasis teks. Sedangkan Windows memberikan akses remote desktop yang memungkinkan antarmuka langsung antara pengguna server.

Hosting Linux dan Windows juga menggunakan control panel yang berbeda. Di antara perbedaan-perbedaan itu, keduanya sama-sama menjanjikan soal keamanan.

Untuk memilih di antara kedua jenis sistem operasi hosting tersebut, apakah ingin menggunakan hosting Linux atau Windows, kita bisa melihat mana bahasa pemrograman yang lebih dikuasai dan juga anggaran yang dimiliki. Jika mengerti PHP dan tidak memiliki anggaran yang besar, gunakan Linux. Jika lebih menguasai ASP, gunakan Windows. ATALABS.org